MENGENAL LEBIH JAUH MENGENAI PENYAKIT HUNTINGTON

Sumber gambar alodokter.com

Penyakit huntingtion – huntington adalah satu dari sekian penyakit yang harusnya menjadi perhatian masyarakat. Dikutip dari alodokter.com, huntington adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam berpikir, mengingat dan bergerak. Pada beberapa kasus penderita juga akan mengalami masalah dengan gangguan jiwa.

Dijelaskan pula bahwa penderita gangguan kesehatan ini akan sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Pada perkembangannya, hellosehat.com menjelasn bahwa pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan dari huntington. Dengan kata lain, secara umum penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Pengobatannya hanya untuk meredakan dampak yang ditimbulkan dari penyakit huntington sendiri.

Alodokter.com menjelaskan bahwa penyakit huntington ini adalah penyakit turunan. Dengan kata lain, saat Anda memiliki anggota keluarga dengan huntington, Anda memiliki resiko lebih besar menderita penyakit ini.

MENGENAL PENYEBAB DARI PENYAKIT HUNTINGTON

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa penyakit ini timbul karena  masalah gen. Penyakit ini dapat ditularkan berdasarkan gen. Tapi di luar itu semua, diketahui bahwa huntington terjadi akibat adanya gen yang cacat. Gen tersebut biasanya ditularkan dari orang tua ke anak. Kendati demikian, kondisi berbeda bisa terjadi pada kondisi yang lain.

Di beberapa kasus, gen cacat baru bisa diturunkan ke anak manakala kedua orang tua memiliki gen tersebut. Tapi pada kasus huntington, gen tersebut sudah bisa diturunkan walau hanya ada satu orang tua yang memilikinya.

Kondisi demikian memungkinkan anak memiliki resiko memperoleh “warisan” yang lebih besar.

MENGENAL GEJALA PENYAKIT HUNTINGTON

Secara umum ada tiga golongan gejala yang bisa Anda pahami bahwa itu adalah gejala dari huntington. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah berikut.

  • Gejala yang meliputi kemampuan kognitif

Pada penderita huntington, mereka akan sukar memahami maksud dari pembicaraan lawan bicara. Hal ini terjadi karena  kemampuan berpikir menurun. Pada kasus yang berbeda, penderita juga akan kesulitan untuk mengucapkan suatu kata tertentu. Mereka akan sangat sulit menemuka kata tertentu yang dinilai sulit dan sukar untuk disebutkan.

Selain kesulitan berbicara dan menyimak, penderita juga akan mengalami masalah kognitif lain seperti sulit mengutamakan atau mengatur pekerjaan, mempelajari informasi, terus larut dalam satu tindakan, dan hilangnya kontrol diri terhadap salah satu tindakan.

Secara umum gangguan ini sangat menganggu aktivitas dan keseharian. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi masalah yang timbul akibat gangguan ini, penderita akan didampingi oleh seseorang. Orang ini akan membantu penderita mengungkapkan dan mengartikan maksud dari perkataan orang lain.

  • Gangguan motorik

Penderita penyakit huntington akan sangat kesulitan untuk bergerak. Beberapa bagian tubuh mereka akan memiliki pergerakan yang lambat. Kondisi ini jelas sangat tidak bagus, terlebih untuk mereka yang harusnya masih aktif beraktivitasnya.

Penderita huntington akan mengalami gangguan motorik seperti mata yang lambat bergerak, sulit berbicara dan menelan, gangguan keseimbangan, otot terasa kaku dan lainnya.

  • Gangguan kejiwaan

Pada beberapa kasus penderita huntington juga mengalami masalah dengan kejiwaan mereka. Mereka akan lebih sering menarik diri terhadap lingkungan, memiliki rasa percaya diri yang berlebih, insomnia, gangguan bipolar, sering marah-sedih yang tidak terkontrol atau sering membicarakan kematian atau muncul keinginan untuk bunuh diri.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit huntington. Penyakit ini sendiri biasanya terjadi pada orang berusia 30 – 40 tahun. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda yang baru berusaha 20-an atau kurang juga bisa menderita gangguan kesehatan yang satu ini.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>